Senin, 10 Agustus 2009

Snorkeling

Sudah lama banget gw pengen bersnorkel ria, berenang sambil menikmati keindahan laut. Kebetulan dari sekian banyak cabang olahraga, cuman berenang aja yang bikin hepi. Olahraga lain mah bikin keki aja, udah capek bawaannya malah bikin bete. Karena menurut gw, kita berolahraga adalah agar kita menjadi sehat, sehat bisa dicapai kalau kita bahagia. Lha kalo olahraga malah membuat kita bete dan tersiksa maka kita tidak akan bisa sehat (based on my own judgement).

Masalahnya adalah gw ga tahu cara snorkeling, alatnya juga belum punya (belinya dimana lg). Iseng-iseng gw browsing dan ada jawaban sederhana yang bisa jadi bahan belajar untuk amatiran macam gw.

Bagi teman-teman yang berminat dengan olahraga ini berikut gw copy-kan dari site sebelah, selamat belajar !

Yang pertama: beli/pinjamlah alat yang pas dengan tubuh anda.
Untuk masker: taruh di muka, tahan napas.. tangan lepaskan (taruh di bawah) masker, kalo terlepas berarti kebesaran. Untuk snorkel: usahakan panjang pipa sesuai , pilih yang ada valve-nya supaya tidak mudah kemasukan air, dan mouthpice yang pas/nyaman dengan mulut. Untuk Fin (kaki katak) pilih yang sesuai nomor sepatu. Untuk pemula pilih yang model ful foot (tdk perlu boots).

Latihan: sebaiknya sudah bisa berenang sehingga tidak takut dengan air. Latih gaya bebas karena paling banyak menggunakan gaya ini untuk snorkelingLatihan dasar: memakai dan membiasakan dengan masker dan snorkel. Jadi di kolam cetek aja (1m). pake masker n snorkel senyaman mungkin di dalam air, terus buka seluruh alat,pake lagi,trus naek lagi. Intinya biasa dengan dan tanpa alat. kalo udah gak panik.. baru dipake fin-nya. Oya pake snorkel maupun SCUBA (selam) bernafas hanya dengan mulut, jadi itu aja deh yang dilatih.. dan jangan panik kalo idung kemasukan air-- jangan dihirup..

Pake masker+snorkel+fin seperti gaya bebas, cuman tangan nggak perlu banyak gerak. Gunakan tenaga dari paha , bukan betis supaya nggak gampang capek (jadi kaki harus lurus)Oya.. jangan lupa stretching yang bener... (didahului dengan pemanasan tentunya) supaya nggak gampang kram terutama kaki dan jari kaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar