Rabu, 05 Agustus 2009

Pencicip Tembakau



Terus terang, gw sendiri ga tahu apa nama profesi ini, apakah pencicip tembakau, pencium tembakau atau pencoba tembakau. Sebuah profesi unik yang umumnya ada di sebuah pabrik rokok, dimana tugasnya mencium, merasakan dan kemudian mencoba untuk dihisap sebagai rokok percobaan sampai didapatkan satu rokok yang diinginkan. Profesi ini menjadi begitu penting manakala sebuah perusahaan rokok ingin mendapatkan satu rasa yang berbeda dengan rasa pabrikan lain, atau malah berusaha menyamakan rasa dengan satu merek terkenal lain namun dengan harga yang lebih rendah. Maklum merk terkenal harganya cukup menguras kantong. Sayangnya gw bukan perokok yang tidak tahu apa rasa asap yang dihasilkan dari pembakaran tembakau yang katanya enak itu.


Setiap kali ada tembakau yang datang ke gudang pabrik rokok, tugas sang penciciplah yang pertama kali harus memastikan kalau tembakau tersebut sudah sesuai untuk menghasilkan rasa yang diinginkan. Jadi setiap kali ada pembelian tembakau, pencicip akan segera meramu tembakau baru tersebut dan menghisapnya. Bisa dipastikan sang pencicip akan melakukan beberapa kali penghisapan jika terdapat berbagai jenis tembakau yang baru dibeli.

Untuk menjadi seorang taster, dibutuhkan pengalaman dan kepekaan yang tinggi akan citarasa tembakau, karena ditangan pencicip inilah satu mutu rokok ditentukan.

1 komentar:

  1. gw pernah dengar istilah wine taster, mungkin untuk ini tobacco taster jd bahasa indonesianya mungkin pencoba tembakau

    BalasHapus