Selasa, 25 Agustus 2009

Petasan, Puasa dan Lebaran

Mengapa petasan selalu identik dengan puasa dan lebaran ya? Biasanya petasan akan mulai dinyalakan saat bulan puasa, pada saat ini dinyalakan dengan intensitas yang "moderate" , intensitas akan meningkat pesat saat memasuki hari lebaran. Terutama malam takbiran, mulai matahari terbenam suara-suara ledakan sudah terdengar. Makin malam makin gila aja itu suara, atau jangan-jangan orang yang takbiran tu bibirnya dah jeber kali ya meneriakkan takbiran berjam-jam. Jadi sebagai gantinya, suara ledakan petasanlah penggantinya (negative thingking mode : on)

Pernah satu kali gw jumpai hari pertama lebaran jalanan dipenuhi kertas-kertas bekas ledakan petasan. Jorok tuh jalan, saking joroknya sampai-sampai warna hitam jalanan gak keliatan. Sumpe! warna putih kertas benar-benar mendominasi jalan. Padahal ini adalah jalan provinsi lho?
Ada yang tahu gak ya kapan kebiasaan ini dimulai?

Sebagai anak cewek, waktu kecil gw sih sukanya dibeliin kembang api. Nyalanya cantik, imut dan tidak berbahaya. Sesuai tradisi lebaran juga, anak-anak kecil juga sering mendapatkan angpao lebaran. Kalo gw sih biasanya habis buat beli mainan, termasuk kembang api ini. Gak tahu kenapa lebaran sepertinya menjadi momen yang sangat tepat buat menyalakan firework dan segala variannya. Jadi kalo gak lebaran rasanya aneh gitu menyalakan petasan atau kembang api. Bisa dipastikan pada saat lebaran juga muncul pedagang dadakan yang menjual segala macam firework yang bisa mematok untung lebih besar daripada kalau berjualan pada hari-hari biasa

Eniwei, ternyata gw dah nemuin situs yang membahas asal-usul petasan yang dinyalakan saat lebaran dan ternyata kalau dirunut, benar-benar memiliki akar sejarah yang begitu panjang. Thank ya buat penulisnya. Tentang petasan bisa dilihat di http://static.rnw.nl/migratie/www.ranesi.nl/tema/budaya/asal_usul_petasan081001-redirected

1 komentar:

  1. Setuju tuh, petasan emang sangat mengganggu, apalagi untukku yang sering jantungan n agak takut ma yang namanya ledakan. kembang api aj aq takut nyalain apalagi petasan, kayaknya larangan pemerintah untuk tidak menggunakan petasan perlu dipertegas deh, biar ga ada lagi budaya kayak gitu.

    BalasHapus